Buleleng Butuh Buruh Pemetik Cengkeh

INFO SELAT 25 Juli 2018 18:36:53 WITA

Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, mengatakan para petani cengkih di daerah setempat membutuhkan banyak buruh pemetik rempah tersebut karena sudah memasuki musim panen raya.

SINGARAJA, NusaBali

"Kami utamakan penduduk Buleleng, tetapi karena kebutuhan untuk itu terbatas, kami juga mendatangkan dari Jawa Timur," kata Kepala Dinas Pertanian Buleleng Nyoman Genep, Minggu (22/7). Genep mengaku kewalahan memenuhi banyaknya kebutuhan buruh pemetik cengkih saat panen serentak di tujuh kecamatan di Bali Utara yang merupakan sentra perkebunan cengkih. Pihaknya intensif menjalin koordinasi dengan beberapa desa apabila memiliki tenaga kerja yang lebih banyak untuk dialihkan ke desa lainnya yang membutuhkan buruh pemetik cengkih.

Menurut dia, pemenuhan buruh pemetik cengkih harus segera dilakukan karena untuk menjaga kualitas bunga cengkih yang dipetik tepat waktu. "Jika terlambat panen akan memengaruhi kualitas," ucap Genep yang baru beberapa bulan menduduki kepala dinas pertanian itu.

Genep menjelaskan perkebunan cengkih menyerap banyak tenaga kerja sekitar 32-38 persen dari jumlah tenaga kerja di Kabupaten Buleleng. Salah satu sentra perkebunan cengkih di Bali Utara terletak di tujuh dusun di Desa Selat Kecamatan Sukasada yang berada pada rentang ketinggian daerah sekitar 200-900 meter di atas permukaan laut.

Salah satu petani cengkih di desa itu, Ketut Nara, mengatakan mempekerjakan puluhan buruh dari beberapa desa tetangga karena buruh dari desa asalnya sudah banyak direkrut petani lain. Buruh bertugas memetik bunga cengkih, memilah tangkai dan bunga, menjemur hingga cengkih siap dijual.

Salah satu buruh, Sihabudin, dari Desa Tegallinggah mengaku mampu memetik cengkih selama 3-4 hari untuk satu pohon berukuran besar dengan rata-rata menghasilkan sekitar 150 kilogram. Ia mengaku mendapatkan upah Rp4.000 untuk satu kilogram hasil petik cengkih. Buruh lainnya yakni Udin Oneng juga bekerja secara musiman sebagai pemetik cengkih dengan upah Rp4.000 untuk satu kilogram.

Rata-rata selama satu hari ia mampu memetik sekitar 25-30 kilogram cengkih. Dalam proses memetik cengkih, beberapa petani melengkapi para buruhnya dengan alat keamanan saat memetik bunga cengkih termasuk menggunakan salok yakni karung memanjang yang dimodifikasi untuk mengurangi beban pemetik.

Komoditas asli Indonesia itu kemudian langsung masuk karung sehingga menjaga kebersihan rempah tersebut karena tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Kabupaten Buleleng merupakan kabupaten terluas dan terpanjang di Bali dengan luas mencapai 1.364,73 km persegi dengan tofografi daerah pantai dan perbukitan yang memanjang dari timur-barat di sebelah utara Pulau Dewata.

Dinas Pertanian Buleleng menyebutkan luas lahan perkebunan cengkih di Buleleng mencapai sekitar 7.800 hektare yang tersebar di tujuh kecamatan di Bali Utara atau menguasai lebih dari 50 persen potensi di Pulau Dewata. Sektor pertanian dalam arti luas termasuk perkebunan cengkih di dalamnya, kehutanan dan perikanan menyokong 22,68 persen bagi pendapatan domestik regional bruto Buleleng tahun 2016. 
 
 
 

Komentar atas Buleleng Butuh Buruh Pemetik Cengkeh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Lokasi Selat

tampilkan dalam peta lebih besar