Rayakan Tumpek Wariga Di Hutan Raya Selat

INFO SELAT 17 Mei 2022 08:47:53 WITA

Hari raya erat kaitannya dengan umat Hindu di Bali. Tumpek Uduh ini juga disebut Tumpek Wariga, Tumpek Bubuh atau Pengatag, dirayakan setiap 6 bulan sekali di hari Saniscara (Sabtu) Kliwon, wuku Wariga, tepat 25 hari sebelum Hari Raya Galungan. Pemujaan pada Tumpek Uduh adalah persembahan kepada manifestasi Tuhan sebagai Dewa Sangkara penguasa Tumbuh-tumbuhan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas kesuburan tanaman hingga tumbuh baik dan menghasilkan buah atau bunga lebat. Tumpek wariga, juga disebut tumpek bubuh, tumpek uduh, tumpek pengatag.
Pada hari yang suci ini Pada Sabtu (14/05/2020) Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra,Sp.OG melaksanakan persembahyangan bersama dengan Semua SKPD Kabupaten buleleng ,Perbekel Selat Putu Mara dan Warga masyarakat Selat. Merayakan Tumpek Wariga di Hutan Raya Desa Selat.
Upacara berjalan dengan lancar dan nyaman dikarenakan suasana hutan desa yang sangat asri, udara segar, dan wangi dupa yang membuat nilai spritual hindu makin terasa.
Setelah persembahyangan dilanjutkan dengan menanam pohon di sekitar wilayah hutan desa, pohon yang di tanam yakni pohon cempaka, badung, Kemangi , Jambu biji. Pohon ditanam langsung oleh Wakil Bupati, dilanjutkan dengan Bupati, DPR, dan seluruh SKPD kabupaten Buleleng.

Komentar atas Rayakan Tumpek Wariga Di Hutan Raya Selat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Lokasi Selat

tampilkan dalam peta lebih besar